Tempe Mendoan, Sajian Gurih Khas Banyumas yang Menjadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

Kuliner98 Views

Hello Sahabat Shukpopup, selamat datang kembali di artikel kami yang kali ini akan membahas tentang makanan khas dari Banyumas yang tak kalah lezatnya dengan makanan dari daerah lain. Di artikel kali ini, kita akan membahas tentang Tempe Mendoan, sajian gurih yang telah menjadi warisan budaya tak benda Indonesia. Tempe Mendoan merupakan salah satu kuliner yang populer dan menjadi daya tarik wisata kuliner di Banyumas, Jawa Tengah.

Sejarah Tempe Mendoan

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang kelezatan Tempe Mendoan, ada baiknya kita mengetahui sedikit sejarah di balik hidangan ini. Tempe Mendoan memiliki sejarah yang cukup panjang dan erat kaitannya dengan masyarakat Banyumas. Awalnya, Tempe Mendoan merupakan makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat setempat sebagai makanan sehari-hari.

Pada masa lalu, masyarakat Banyumas memiliki tradisi menggoreng tempe dengan cara yang berbeda. Mereka menggoreng tempe dengan bumbu yang sederhana seperti bawang putih, garam, dan beberapa rempah lainnya. Proses penggorengan tersebut dilakukan dengan menggunakan minyak kelapa dalam jumlah yang cukup banyak. Metode penggorengan yang digunakan adalah dengan menggunakan wajan datar yang panas.

Karena kelezatan dan keunikan rasanya, Tempe Mendoan kemudian semakin dikenal oleh masyarakat di luar Banyumas. Kini, Tempe Mendoan menjadi salah satu ikon kuliner yang dijaga kelestariannya oleh masyarakat Banyumas dan telah mendapatkan pengakuan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia.

Bahan-bahan dan Cara Membuat Tempe Mendoan

Untuk membuat Tempe Mendoan, bahan utama yang dibutuhkan adalah tempe yang telah diiris tipis. Selain itu, beberapa bahan tambahan seperti tepung terigu, bawang putih, daun bawang, garam, kaldu bubuk, dan minyak kelapa juga diperlukan dalam proses pembuatan Tempe Mendoan.

Berikut adalah cara membuat Tempe Mendoan:

Langkah 1: Persiapan Bahan

– Iris tempe menjadi tipis dengan ketebalan sekitar 2-3 mm.

– Haluskan bawang putih dan daun bawang.

Langkah 2: Membuat Adonan

– Campurkan tepung terigu, bawang putih halus, daun bawang, garam, dan kaldu bubuk dalam sebuah wadah.

– Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan mencapai tekstur yang kental dan tidak terlalu encer.

Langkah 3: Menggoreng Tempe Mendoan

– Panaskan minyak kelapa dalam jumlah yang cukup dalam wajan datar.

– Celupkan irisan tempe ke dalam adonan tepung hingga rata.

– Goreng tempe yang telah dilumuri adonan hingga kecokelatan dan krispi.

– Angkat tempe mendoan dan tiriskan.

Kelezatan Tempe Mendoan

Tempe Mendoan memiliki cita rasa yang gurih, renyah di luar, dan empuk di dalam. Proses penggorengan yang menggunakan minyak kelapa dalam jumlah yang banyak memberikan kekhasan tersendiri pada Tempe Mendoan. Sajian ini memiliki aroma yang harum dan rasa yang menggugah selera.

Tempe Mendoan dapat dinikmati sebagai makanan ringan atau pendamping makanan utama. Sajian ini biasanya disajikan dengan sambal kecap atau sambal terasi yang pedas. Kombinasi antara rasa gurih tempe dan pedasnya sambal menjadi paduan yang sempurna dan membuat siapa pun yang mencicipinya ketagihan.

Keunikan dan Popularitas Tempe Mendoan

Tak hanya dari segi rasa yang lezat, Tempe Mendoan juga memiliki keunikan lain yang membuatnya semakin populer. Salah satunya adalah tekstur tempe yang tetap empuk meskipun telah digoreng. Hal ini berkat irisan tempe yang tipis dan proses penggorengan yang tepat.

Popularitas Tempe Mendoan tidak hanya terbatas di Banyumas atau Jawa Tengah, tetapi juga telah merambah ke berbagai daerah di Indonesia. Kuliner ini telah menjadi salah satu oleh-oleh khas yang sering diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Banyumas.

Kesimpulan

Tempe Mendoan adalah sajian gurih khas Banyumas yang telah menjadi warisan budaya tak benda Indonesia. Kelezatan Tempe Mendoan dan cara pembuatannya yang unik membuatnya menjadi salah satu kuliner yang patut dicoba. Rasanya yang gurih, renyah di luar, dan empuk di dalam membuatnya menjadi hidangan yang disukai oleh banyak orang.

Jadi, jika Anda berkunjung ke Banyumas atau memiliki kesempatan mencicipi Tempe Mendoan, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati hidangan khas yang satu ini. Selamat menikmati Tempe Mendoan!

 

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya, Sahabat Shukpopup! Terima kasih telah membaca artikel kami tentang Tempe Mendoan. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya, Sahabat Shukpopup! Terima kasih telah membaca artikel ini.

Referensi:

1. “Tempe Mendoan: Iconic Indonesian Culinary Heritage.” Indonesian Ministry of Education and Culture, 2019.

2. Soekarno, R. “Mengenal Lebih Dekat Tempe Mendoan, Hidangan Legendaris dari Banyumas.” Kompas.com, 2020.

3. Rachmawati, I. “Tempe Mendoan, Makanan Khas Banyumas yang Menggoyang Lidah.” Tribunnews.com, 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *