Protokol Kesehatan 5M

protokol kesehatan 5m
image source : bing.com

Selamat datang! Dalam artikel ini, saya akan membahas tentang Protokol Kesehatan 5M. Protokol ini merupakan salah satu langkah penting yang harus diambil dalam situasi pandemi global saat ini. Protokol ini termasuk dalam upaya pencegahan dan mitigasi penyebaran virus Corona atau COVID-19.

Apa itu Protokol Kesehatan 5M?

Protokol Kesehatan 5M adalah kumpulan tindakan pencegahan dan mitigasi yang dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk menekan penyebaran virus Corona. Protokol Kesehatan 5M meliputi 5 (lima) komponen keamanan, yaitu: Man (Manusia), Masker (Masker), Mencuci (Mencuci Tangan), Menjaga (Menjaga Jarak), dan Menunda (Menunda Perjalanan).

Man (Manusia)

Man (Manusia) adalah komponen utama Protokol Kesehatan 5M. Ini berarti bahwa semua orang harus menjalankan protokol ini dengan mengambil beberapa tindakan pencegahan seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak fisik dengan orang lain, dan memakai masker saat berinteraksi dengan orang lain. Selain itu, orang juga harus menghindari kerumunan dan berpikir dua kali sebelum melakukan perjalanan atau melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan risiko penularan.

Masker (Masker)

Masker adalah salah satu komponen penting dari Protokol Kesehatan 5M. Masker dapat membantu mencegah penularan virus Corona dengan menyaring partikel dari mukosa manusia atau benda lain yang mengandung virus. Masker harus dipakai sesuai dengan instruksi dokter atau ahli kesehatan, dan harus diganti setiap hari. Jangan lupa untuk mengganti masker jika ia menjadi basah atau kotor.

Mencuci (Mencuci Tangan)

Mencuci tangan adalah salah satu yang paling penting dari Protokol Kesehatan 5M. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dapat membantu mencegah penularan virus Corona. Untuk hasil yang efektif, orang harus membasuh tangannya dengan sabun dan air selama 20 detik atau lebih. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol sebesar 60-95%.

Menjaga (Menjaga Jarak)

Menjaga jarak adalah salah satu komponen penting dari Protokol Kesehatan 5M. Ini berarti bahwa orang harus menjaga jarak fisik dengan orang lain kurang lebih 1,5 meter. Ini juga berarti bahwa orang harus menjauh dari kerumunan dan menghindari bepergian ke lokasi yang berisiko.

Menunda (Menunda Perjalanan)

Menunda (Menunda Perjalanan) adalah salah satu komponen utama Protokol Kesehatan 5M. Ini berarti bahwa orang harus menunda atau membatalkan perjalanan mereka. Jika perjalanan penting, maka orang harus mematuhi semua protokol yang ditetapkan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Kesimpulan

Protokol Kesehatan 5M merupakan salah satu upaya penting yang harus diambil untuk mencegah penyebaran virus Corona. Protokol ini meliputi lima komponen utama, yaitu Man (Manusia), Masker (Masker), Mencuci (Mencuci Tangan), Menjaga (Menjaga Jarak), dan Menunda (Menunda Perjalanan). Semua orang harus mengikuti protokol ini agar virus Corona tidak menyebar lebih luas lagi.