Molen, Jajanan Gurih Manis yang Dililit Lembaran Tepung

Hello Sahabat Shukpopup!

Molen merupakan salah satu jajanan tradisional Indonesia yang memiliki rasa gurih manis yang menggoyang lidah. Dikenal juga dengan sebutan “molen crispy”, makanan ini memiliki tekstur yang renyah dan lezat. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang molen, jajanan yang dililit dengan lembaran tepung dan menjadi favorit banyak orang.

Sejarah Molen

Molen memiliki sejarah panjang sebagai jajanan tradisional Indonesia. Asal usulnya berasal dari zaman penjajahan Belanda di Indonesia. Kata “molen” sendiri diambil dari bahasa Belanda yang berarti “kincir angin”. Jajanan ini pertama kali diperkenalkan oleh orang-orang Belanda dan kemudian diadaptasi oleh masyarakat Indonesia menjadi jajanan yang khas.

Mengenal Bahan Utama Molen

Untuk membuat molen, bahan utama yang digunakan adalah tepung terigu, mentega, gula, telur, susu, dan bahan tambahan lainnya seperti keju, kacang, cokelat, atau selai. Adonan molen kemudian digiling dan dililit dengan lembaran tepung hingga membentuk gulungan yang panjang. Setelah itu, gulungan tersebut dipotong-potong dan digoreng hingga berwarna kecokelatan.

Cara Membuat Molen yang Lezat

Untuk membuat molen yang lezat, pertama-tama siapkan adonan dengan mencampurkan tepung terigu, mentega, gula, telur, susu, dan bahan tambahan sesuai selera. Aduk rata hingga membentuk adonan yang kalis. Setelah itu, diamkan adonan selama beberapa saat agar adonan menjadi lebih kenyal.

Setelah adonan istirahat, ambil sebagian kecil adonan dan pipihkan dengan tangan atau menggunakan rolling pin. Letakkan bahan tambahan seperti keju, kacang, atau cokelat di atas adonan pipih, kemudian gulung adonan hingga membentuk gulungan panjang. Potong gulungan menjadi bagian-bagian kecil dan pastikan ujungnya tertutup dengan rapi.

Panaskan minyak dalam wajan dan goreng molen hingga kecokelatan. Pastikan api dalam keadaan sedang agar molen matang merata dan tidak gosong di bagian luar namun masih mentah di bagian dalam. Angkat molen yang telah matang dan tiriskan dari minyak berlebih.

Kelezatan Molen yang Menggoda

Molen memiliki kelezatan yang menggoda dengan kombinasi rasa gurih dan manis yang sempurna. Ketika digigit, molen memberikan sensasi renyah pada bagian luar dan lembut di dalamnya. Bahan tambahan seperti keju, kacang, atau cokelat menambah variasi rasa yang membuat molen semakin nikmat.

Varian Rasa Molen yang Beragam

Ada banyak varian rasa molen yang bisa kita temui di pasaran. Selain varian rasa tradisional seperti keju, kacang, dan cokelat, saat ini molen juga hadir dengan berbagai inovasi rasa seperti green tea, red velvet, matcha, stroberi, dan masih banyak lagi. Setiap varian rasa molen memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri.

Molen sebagai Camilan Favorit

Molen menjadi salah satu camilan favorit masyarakat Indonesia. Camilan yang satu ini sering dijadikan pilihan saat berkumpul bersama keluarga atau teman-teman. Rasanya yang enak dan teksturnya yang renyah membuat molen cocok disajikan dalam berbagai acara, mulai dari acara keluarga, pesta ulang tahun, hingga acara kantor.

Kesimpulan

Molen, jajanan gurih manis yang dililit lembaran tepung, adalah salah satu jajanan tradisional Indonesia yang patut dicoba. Dengan rasa gurih dan manis yang menggoda serta tekstur yang renyah, molen menjadi camilan yang disukai banyak orang. Tersedia dalam berbagai varian rasa, molen juga menawarkan variasi yang menarik bagi pecinta kuliner.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba molen dan nikmati kelezatannya. Buatlah molen menjadi teman setia dalam momen-momen spesial bersama Sahabat Shukpopup. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya Sahabat Shukpopup!