FAX Adalah : Apa Itu Nomor Fax Toko, Npwp & Contohnya

Aplikasi, Tutorial2069 Views

Fax adalah kependekan dari fax (faks), dan faks adalah perangkat yang digunakan untuk mengirim dokumen dengan cepat dari satu tempat ke tempat lain.

Mesin faks digunakan oleh kantor-kantor pemerintah atau swasta. Setiap kantor umumnya memiliki mesin fax karena penggunaannya sangat penting terutama untuk urusan dokumen.

Dengan mesin fax, seseorang dapat dengan cepat mengirim dokumen tanpa harus mengirimkannya melalui kantor pos atau jasa pengiriman lainnya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fax adalah alat komunikasi berupa perangkat yang dapat mengirim dan menerima pesan berupa dokumen melalui jaringan telepon.

Dengan mesin faks, dokumen yang akan dimasukkan ke dalam mesin faks yang dikirim akan dipindai dan diubah menjadi sinyal listrik. Kemudian, sinyal listrik akan dikirim ke penerima faks melalui kabel listrik.

Pada penerima fax, sinyal listrik tersebut akan diterjemahkan ke dalam bahasa mesin sehingga menjadi file yang sama dengan dokumen yang dikirimkan. Kemudian, mesin faks akan mencetak salinan dokumen tersebut di atas kertas atau hard copy.

Oleh karena itu, bisa dibilang mesin fax atau faks adalah mesin yang dapat memindahkan atau menyalin dokumen dari satu tempat ke tempat lain. Oleh karena itu, mesin faks disebut juga mesin fotokopi.

Nomor faxsnya adalah

Nomor faks adalah serangkaian angka yang digunakan sebagai pengenal antara satu mesin faks dan mesin faks lainnya. Nomor faks mengidentifikasi pengirim dan penerima pesan.

Nomor pada nomor faks itu sendiri sama dengan nomor pada telepon rumah. Biasanya dimulai dengan kode area diikuti dengan sejumlah angka setelahnya.

Contoh nomor fax adalah (021) 3851193, (022) 4203450. Dimana tiga digit pertama adalah nomor kode area, 021 untuk wilayah Jakarta, 022 untuk wilayah Bandung dan seterusnya. Sedangkan nomor di belakang adalah nomor fax.

Fax biasanya tidak muncul saat kita ingin mendaftarkan sesuatu, baik untuk NPWP maupun saat kita ingin mendaftarkan toko di Tokopedia.

Jika Anda menemukan kolom nomor faks pada formulir pendaftaran, Anda dapat mengosongkan kolom ini karena biasanya hanya opsional (dapat diisi dan dapat dikosongkan).

Apakah mesin fax masih digunakan?

sebelum munculnya era internet. Mesin faks sangat baik untuk mengirim dokumen. Tidak hanya di kantor, masyarakat umum juga memiliki mesin fax di rumah.

Namun seiring berjalannya waktu, mesin faks mulai dilupakan, apalagi setelah munculnya era email yang memudahkan pengiriman surat.

Dan saat ini, mesin fax masih banyak digunakan di perkantoran. Walaupun ada fasilitas email dll. Untuk dunia perkantoran mesin fax memiliki keunggulan tersendiri karena dapat mencetak dokumen secara otomatis.

Selain itu, pengiriman dokumen dengan menggunakan mesin fax juga lebih aman. Pasalnya, proses pengiriman dan pengiriman faks umumnya dilakukan melalui jaringan kabel telepon. Dengan cara ini dokumen lebih aman dari aktivitas peretasan.

Namun, bagi sebagian pihak, keamanan dokumen merupakan hal yang sangat penting, terutama dokumen yang bersifat rahasia, seperti dokumen keuangan, perjanjian, dan sebagainya.

Nah itulah artikel yang cukup singkat tentang apa itu fax atau faks dan juga apa itu nomor fax. Pada umumnya orang yang mencari informasi mengenai topik ini adalah mereka yang menemukan kolom fax pada formulir pendaftaran online, baik itu untuk mendaftarkan legalitas perusahaan, toko online, dll.

Sedangkan kolom fax biasanya berupa kolom yang bisa diisi atau dilewati. Anda dapat mengosongkannya jika Anda tidak memiliki nomor faks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *