Cara Screenshot Laptop Lenovo

Cara Screenshot Laptop LenovoSource: bing.com

Hello Hallo Sahabat, apakah kamu sering mengambil screenshot saat bekerja atau sedang browsing di laptop Lenovo? Jika iya, kamu mungkin perlu mengetahui beberapa cara yang dapat mempermudah kamu dalam mengambil screenshot. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara screenshot pada laptop Lenovo.

Cara Screenshot Laptop Lenovo dengan Tombol Windows dan Print Screen

Salah satu cara yang paling umum digunakan untuk mengambil screenshot pada laptop Lenovo adalah dengan menggunakan tombol Windows dan Print Screen. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih tampilan yang ingin kamu tangkap.
  2. Tekan tombol “Windows” dan “Print Screen” secara bersamaan. Tombol “Print Screen” mungkin ditulis sebagai “PrtScn” pada laptop Lenovo.
  3. Simpan tangkapan layar di folder “Gambar” pada laptop Lenovo kamu.

Dalam beberapa laptop Lenovo, kamu mungkin harus menekan tombol “Fn” bersamaan dengan tombol “Windows” dan “Print Screen” untuk mengambil screenshot.

Cara Screenshot Laptop Lenovo dengan Tombol Alt dan Print Screen

Jika kamu ingin mengambil screenshot hanya pada jendela tertentu di laptop Lenovo, kamu dapat menggunakan kombinasi tombol Alt dan Print Screen. Berikut adalah cara melakukannya:

  1. Buka jendela yang ingin kamu tangkap.
  2. Tekan tombol “Alt” dan “Print Screen” secara bersamaan.
  3. Simpan screenshot di folder “Gambar”.

Dalam beberapa laptop Lenovo, kamu mungkin harus menekan tombol “Fn” bersamaan dengan tombol “Alt” dan “Print Screen” untuk mengambil screenshot.

Cara Screenshot Laptop Lenovo dengan Aplikasi Screenshot

Jika kamu ingin mengambil screenshot dengan lebih banyak pilihan, kamu dapat menggunakan aplikasi screenshot pada laptop Lenovo. Ada beberapa aplikasi screenshot yang dapat kamu unduh secara gratis, seperti Lightshot, Greenshot, atau Snipping Tool.

Berikut adalah cara mengambil screenshot dengan aplikasi Lightshot:

  1. Unduh dan instal aplikasi Lightshot di laptop Lenovo kamu.
  2. Pilih tampilan yang ingin kamu tangkap.
  3. Buka aplikasi Lightshot dengan menekan tombol “Print Screen” pada keyboard.
  4. Klik dan seret kursor ke area yang ingin kamu tangkap.
  5. Simpan screenshot di folder “Gambar”.

Cara Screenshot Laptop Lenovo dengan Aplikasi Snipping Tool

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi bawaan Windows untuk mengambil screenshot di laptop Lenovo, kamu dapat menggunakan Snipping Tool. Berikut adalah cara menggunakannya:

  1. Buka aplikasi Snipping Tool di laptop Lenovo kamu.
  2. Pilih tampilan yang ingin kamu tangkap.
  3. Pilih jenis pemotongan yang kamu inginkan (seperti pemotongan persegi atau pemotongan bebas).
  4. Simpan screenshot di folder “Gambar”.

FAQ

1. Apakah semua laptop Lenovo memiliki tombol Print Screen?

Ya, semua laptop Lenovo memiliki tombol Print Screen. Namun, tombol ini mungkin ditulis sebagai “PrtScn” pada beberapa laptop Lenovo.

2. Bagaimana cara mengakses folder “Gambar” di laptop Lenovo?

Folder “Gambar” biasanya dapat diakses melalui File Explorer. Kamu juga dapat mengetikkan “Gambar” pada kolom pencarian di menu Start untuk membuka folder tersebut.

3. Apakah ada aplikasi screenshot lain yang dapat digunakan pada laptop Lenovo?

Ya, ada beberapa aplikasi screenshot lain yang dapat kamu unduh secara gratis, seperti Greenshot, PicPick, dan Lightshot.

4. Apakah semua aplikasi screenshot dapat digunakan pada laptop Lenovo?

Tidak semua aplikasi screenshot dapat digunakan pada semua jenis laptop Lenovo. Pastikan untuk memeriksa persyaratan sistem sebelum mengunduh dan menginstal aplikasi screenshot.

5. Apakah screenshot dapat disimpan dalam format lain selain format gambar?

Ya, kamu dapat menyimpan screenshot dalam format lain seperti PDF atau HTML jika kamu menggunakan aplikasi screenshot yang mendukung format tersebut.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk mengambil screenshot pada laptop Lenovo. Dengan memahami cara-cara tersebut, kamu dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan lupa untuk memeriksa jenis laptop Lenovo kamu dan memastikan bahwa tombol yang digunakan sesuai dengan jenis laptop kamu. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya Sahabat!