Cara Mengunci Aplikasi Di Iphone

Cara Mengunci Aplikasi Di IphoneSource: bing.com
Hallo Sahabat! Tentunya kalian ingin menjaga privasi kalian agar tidak terganggu oleh orang lain ketika menggunakan iPhone, bukan? Salah satu cara untuk menjaga privasi kalian adalah dengan mengunci aplikasi di iPhone. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips tentang cara mengunci aplikasi di iPhone agar privasi kalian terjaga dengan baik.

Pengertian Mengunci Aplikasi di iPhone

Sebelum kita membahas cara mengunci aplikasi di iPhone, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu mengunci aplikasi. Mengunci aplikasi adalah fitur di mana pengguna dapat memasang password atau sidik jari untuk membuka aplikasi tertentu. Dengan mengunci aplikasi, pengguna dapat menjamin bahwa privasi dan data pribadi mereka aman dari orang lain yang ingin mengaksesnya.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone dengan Password

Ada beberapa cara untuk mengunci aplikasi di iPhone dengan password. Berikut adalah cara-cara tersebut:

1. Menggunakan Fitur Screen Time

Fitur Screen Time dapat digunakan untuk mengunci aplikasi di iPhone. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Pilih Screen Time.
  3. Pilih Kode Akses.
  4. Tentukan kode akses dan konfirmasi kode akses tersebut.
  5. Pilih Akses Ke Aplikasi.
  6. Pilih Tambahkan Aplikasi.
  7. Pilih aplikasi yang ingin dikunci dan pilih Selesai.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain fitur Screen Time, pengguna juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengunci aplikasi di iPhone. Beberapa aplikasi tersebut antara lain:

  • Applock.
  • Locker: Hide Photos, Hide Apps.
  • Private Photo Vault.
  • Secret Calculator.
  • Secure App Lock.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone dengan Sidik Jari

Selain dengan password, pengguna juga dapat mengunci aplikasi di iPhone dengan sidik jari. Berikut adalah cara-cara tersebut:

1. Menggunakan Touch ID

Touch ID adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuka iPhone menggunakan sidik jari mereka. Langkah-langkah untuk mengunci aplikasi dengan Touch ID adalah sebagai berikut:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Pilih Touch ID & Passcode.
  3. Aktifkan fungsi Touch ID pada aplikasi yang ingin dikunci.

2. Menggunakan Face ID

Face ID adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuka iPhone menggunakan wajah mereka. Langkah-langkah untuk mengunci aplikasi dengan Face ID adalah sebagai berikut:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Pilih Face ID & Passcode.
  3. Aktifkan fungsi Face ID pada aplikasi yang ingin dikunci.

FAQ

1. Apakah saya harus membayar untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga?

Tidak semua aplikasi pihak ketiga berbayar. Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan secara gratis namun dengan fitur terbatas. Namun, jika kalian ingin menggunakan fitur lengkap, kalian perlu membayar.

2. Apakah mengunci aplikasi dengan sidik jari lebih aman daripada dengan password?

Mengunci aplikasi dengan sidik jari lebih aman karena hanya pengguna yang dapat membuka aplikasi tersebut. Sedangkan jika menggunakan password, orang lain dapat mencoba menebak password tersebut. Namun, jika sidik jari pengguna tidak terdeteksi dengan benar, pengguna tidak dapat membuka aplikasi tersebut.

3. Apakah semua iPhone memiliki fitur untuk mengunci aplikasi?

Tidak semua iPhone memiliki fitur untuk mengunci aplikasi. Fitur ini hanya tersedia pada iPhone yang memiliki iOS 12 atau yang lebih baru.

Kesimpulan

Mengunci aplikasi di iPhone sangat penting untuk menjaga privasi dan data pribadi. Ada dua cara untuk mengunci aplikasi di iPhone, yaitu dengan password dan sidik jari. Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengunci aplikasi. Dengan mengetahui cara mengunci aplikasi di iPhone, pengguna dapat dengan mudah menjaga privasi dan data pribadi mereka. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya Sahabat!