Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan XiaomiSource: bing.com
Hallo Sahabat, kali ini kita akan membahas cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi yang bisa membuat smartphone kita semakin ringan dan hemat memori. Aplikasi bawaan atau pre-installed apps memang seringkali mengganggu pengguna dengan notifikasi yang tidak penting dan memakan memori internal. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi:

1. Menggunakan Aplikasi Cleaner

Xiaomi menyediakan aplikasi Cleaner yang dapat membersihkan cache, file sampah, serta menghapus aplikasi bawaan. Untuk menghapus aplikasi bawaan menggunakan aplikasi Cleaner, berikut adalah caranya:

  1. Buka aplikasi Cleaner pada Xiaomi Anda.
  2. Pilih bagian “Aplikasi” di bawah tab “Pembersihan”.
  3. Pilih aplikasi bawaan yang ingin dihapus.
  4. Tekan tombol “Hapus” di bawah aplikasi.
  5. Setelah itu, aplikasi bawaan akan dihapus dari Xiaomi Anda.

2. Menggunakan Aplikasi Manager

Selain aplikasi Cleaner, Xiaomi juga menyediakan aplikasi Manager yang dapat digunakan untuk mengatur aplikasi pada Xiaomi Anda. Untuk menghapus aplikasi bawaan menggunakan aplikasi Manager, berikut adalah caranya:

  1. Buka aplikasi Manager pada Xiaomi Anda.
  2. Pilih bagian “Aplikasi” di bawah tab “Pengaturan”.
  3. Pilih aplikasi bawaan yang ingin dihapus.
  4. Tekan tombol “Hapus” di bawah aplikasi.
  5. Setelah itu, aplikasi bawaan akan dihapus dari Xiaomi Anda.

3. Menggunakan ADB (Android Debug Bridge)

Jika kedua cara di atas tidak berhasil menghapus aplikasi bawaan pada Xiaomi Anda, maka bisa mencoba menggunakan ADB. Berikut adalah caranya:

  1. Download dan install ADB pada komputer Anda.
  2. Aktifkan mode pengembang pada Xiaomi Anda dengan cara masuk ke “Pengaturan” > “Tentang ponsel” > ketuk “Nomor Build” beberapa kali hingga muncul notifikasi “Anda sudah menjadi pengembang”.
  3. Aktifkan opsi “USB Debugging” pada Xiaomi Anda dengan masuk ke “Pengaturan” > “Opsi Pengembang” > aktifkan opsi “USB Debugging”.
  4. Sambungkan Xiaomi Anda ke komputer dengan kabel USB.
  5. Buka Command Prompt pada komputer Anda dan ketikkan perintah “adb devices” untuk memastikan bahwa Xiaomi Anda terhubung dengan komputer.
  6. Ketikkan perintah “adb shell pm uninstall -k –user 0 ” untuk menghapus aplikasi bawaan pada Xiaomi Anda. Ganti dengan nama paket aplikasi bawaan yang ingin dihapus.
  7. Setelah itu, aplikasi bawaan akan dihapus dari Xiaomi Anda.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Q: Apakah menghapus aplikasi bawaan Xiaomi akan merusak sistem?

A: Tidak, menghapus aplikasi bawaan Xiaomi tidak akan merusak sistem. Namun, ada beberapa aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus karena terkait dengan sistem operasi.

Q: Apakah menghapus aplikasi bawaan Xiaomi akan mempengaruhi garansi?

A: Tidak, menghapus aplikasi bawaan Xiaomi tidak akan mempengaruhi garansi. Namun, jika terjadi masalah setelah menghapus aplikasi bawaan, maka garansi bisa menjadi batal.

Q: Apakah bisa mengembalikan aplikasi bawaan yang sudah dihapus?

A: Ya, bisa. Namun, untuk mengembalikan aplikasi bawaan yang sudah dihapus pada Xiaomi, diperlukan metode yang lebih rumit dan memerlukan akses root.

Kesimpulan

Menghapus aplikasi bawaan Xiaomi memang bisa membuat smartphone kita semakin ringan dan hemat memori. Ada tiga cara yang bisa dilakukan, yaitu menggunakan aplikasi Cleaner, aplikasi Manager, dan ADB. Namun, sebelum menghapus aplikasi bawaan, pastikan bahwa aplikasi tersebut tidak terkait dengan sistem operasi dan tidak akan mempengaruhi kinerja Xiaomi. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya Sahabat.