Bacaan Iftitah: Membuka Ibadah dengan Penuh Khushu

Pendidikan110 Views

Pendahuluan

Dalam agama Islam, ibadah merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan seorang Muslim. Salah satu ibadah yang sering kita lakukan adalah shalat. Shalat menjadi kewajiban bagi umat Islam dan di dalamnya terdapat rangkaian gerakan dan bacaan yang harus dilakukan. Salah satu bacaan penting yang dilakukan saat memulai shalat adalah bacaan iftitah. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang bacaan iftitah, keutamaannya, serta tata cara melaksanakannya.

Apa itu Bacaan Iftitah?

Bacaan iftitah merupakan bacaan yang dilakukan saat memulai shalat. Iftitah sendiri memiliki arti “pembukaan” atau “awalan”. Bacaan iftitah dilakukan sebelum membaca Al-Fatihah, surat pertama dalam Al-Quran, dalam rakaat pertama shalat.

Keutamaan Bacaan Iftitah

Bacaan iftitah memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah sebagai pengingat bahwa kita sedang memulai ibadah yang sangat penting yaitu shalat. Dengan membaca iftitah, kita dapat mengarahkan pikiran dan hati untuk lebih khushu’ dalam melaksanakan shalat. Selain itu, bacaan iftitah juga mengandung doa dan permohonan kepada Allah SWT.

Tafsir Bacaan Iftitah

Tafsir dari bacaan iftitah terdapat dalam beberapa hadis dan ulama. Salah satu tafsir yang sering disebutkan adalah tafsir Ibnu Abbas, yang menyatakan bahwa bacaan iftitah adalah doa memohon kepada Allah agar diberikan hidayah dan petunjuk dalam melaksanakan shalat. Tafsir ini menunjukkan pentingnya membaca iftitah sebagai ungkapan rasa ketergantungan kita kepada Allah dalam setiap ibadah yang kita lakukan.

Tata Cara Membaca Bacaan Iftitah

Berikut adalah tata cara membaca bacaan iftitah:

  1. Mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu ketika takbiratul ihram.
  2. Membaca doa iftitah dengan khusyuk dan penuh harap.
  3. Menurunkan kedua tangan setelah selesai membaca doa iftitah.

Mengamalkan Bacaan Iftitah dalam Kehidupan Sehari-hari

Bacaan iftitah tidak hanya dilakukan saat shalat formal, tetapi juga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Ketika akan memulai aktivitas penting atau suatu pekerjaan, kita dapat membaca doa iftitah untuk memohon petunjuk dan berkah dari Allah. Mengamalkan bacaan iftitah dalam kehidupan sehari-hari juga dapat membantu kita untuk selalu mengingat Allah dan menjadikan segala tindakan kita sebagai ibadah.

Kesimpulan

Bacaan iftitah merupakan bacaan pembukaan saat memulai shalat. Melakukan bacaan iftitah memiliki keutamaan dan manfaat yang besar dalam memperkuat khushu’ dalam ibadah shalat kita. Dengan memahami tafsir dan tata cara membaca iftitah, kita dapat menghadirkan rasa khusyuk dan rasa ketergantungan kita kepada Allah saat melaksanakan shalat. Selain itu, mengamalkan bacaan iftitah dalam kehidupan sehari-hari juga dapat membantu kita untuk tetap mengingat Allah dan menjalani kehidupan dengan penuh rasa syukur.

FAQ

1. Apakah bacaan iftitah hanya dilakukan saat shalat formal?

Tidak, bacaan iftitah juga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari saat akan memulai aktivitas penting atau pekerjaan.

2. Mengapa bacaan iftitah penting dalam shalat?

Bacaan iftitah penting karena membantu kita untuk mengarahkan pikiran dan hati dalam melaksanakan shalat dengan lebih khushu’.

3. Bagaimana tata cara membaca bacaan iftitah?

Tata cara membaca bacaan iftitah adalah dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu saat takbiratul ihram, membaca doa iftitah, dan menurunkan kedua tangan setelah selesai membaca.

4. Apa keutamaan membaca iftitah?

Membaca iftitah memiliki banyak keutamaan, antara lain sebagai pengingat akan pentingnya ibadah shalat dan sebagai doa memohon petunjuk dan hidayah dari Allah.

5. Apa yang dapat kita dapatkan dari mengamalkan bacaan iftitah dalam kehidupan sehari-hari?

Mengamalkan bacaan iftitah dalam kehidupan sehari-hari membantu kita untuk tetap mengingat Allah dan menjalani kehidupan dengan penuh rasa syukur serta menjadikan segala tindakan sebagai ibadah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *