Informatika untuk SMP/MTs Kelas VII, Bab 1. Perangkat Keras Komputer Pertanyaan 2, Halaman 28

Instruksi kerja

Langkah-langkah untuk mengatasi masalah tersebut adalah menjelaskan pengertian dan fungsi mouse, touchpad, pointing stick, dan trackball.

Penjelasan pertanyaan

Definisi mouse, touchpad, pointing stick, dan trackball.

Berikut adalah pengenalan singkat tentang mouse, touchpad, pointing stick, dan trackball:

  • Mouse adalah perangkat komputer yang berfungsi sebagai pengontrol penunjuk pada layar antarmuka pengguna grafis (GUI) untuk memberikan masukan berupa gerakan kursor, penekanan tombol (klik) dan gulir ke atas dan ke bawah pada tampilan layar (scrolling). Ada mouse yang menggunakan kabel dan tidak (nirkabel). Dalam bahasa Indonesia, tikus bisa diartikan sebagai “tikus” karena bentuk tikus sendiri menyerupai tikus kecil dengan bagian tubuh yang membengkak.
  • Touchpad adalah perangkat keras yang termasuk dalam jenis perangkat input yang sama dengan mouse. Touchpad terdiri dari panel dengan permukaan yang dilapisi sensor khusus yang mampu mendeteksi gerakan jari. Gerakan jari tersebut nantinya akan direkam oleh sensor pada touchpad untuk diterjemahkan menjadi perintah khusus untuk memberikan input berupa gerakan kursor, penekanan tombol (klik) dan asc. – Tampilan layar kurang (scrolling). Touchpad biasanya digunakan untuk menggantikan fungsi mouse bagi yang membutuhkan sedikit space atau ruangan untuk bergerak.
  • Pointing Stick adalah perangkat yang termasuk dalam jenis perangkat input yang menggantikan mouse atau touchpad yang terletak di tengah keyboard. Bentuknya bulat dan sekilas terlihat seperti penghapus pensil dan ukurannya lebih kecil dari ukuran tuts keyboard. Keunggulannya adalah letaknya yang menyatu dengan keyboard. Karena tangan tidak perlu berpindah dari bantalan keyboard, memindahkan tangan dari keyboard ke stik penunjuk menjadi lebih cepat daripada menggunakan mouse atau panel sentuh. Sayangnya, keunggulan pointing stick tersebut tidak sesuai dengan minat penggunanya. Pasalnya, metode input stik penunjuk yang mengandalkan tekanan membuatnya lebih sulit digunakan dibandingkan menggunakan mouse atau touchpad.
  • Trackball adalah perangkat yang memiliki jenis perangkat input yang sama dengan mouse, tetapi trackball memiliki bola kecil untuk menggerakkan kursor. Dengan bola kecil ini, trackball tidak perlu menggerakkan pergelangan tangan. Kursor dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain di layar dengan menggerakkan jari Anda pada bola kecil.

Jawaban akhir dan kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa mouse adalah perangkat komputer yang berfungsi sebagai pengontrol kursor pada layar Graphical User Interface (GUI) untuk memberikan input berupa pergerakan kursor, penekanan tombol (klik) dan scroll ke atas dan ke atas. ke bawah layar tampilan. Touchpad adalah perangkat keras yang termasuk jenis perangkat input yang sama dengan mouse, terdiri dari pelat dengan permukaan yang dilapisi sensor khusus yang mampu mendeteksi gerakan jari. Pointing Stick adalah perangkat yang termasuk dalam jenis perangkat input yang menggantikan mouse atau touchpad yang terletak di tengah keyboard. Bentuknya bulat dan sekilas terlihat seperti penghapus pensil dan ukurannya lebih kecil dari ukuran tuts keyboard. Trackball adalah perangkat yang memiliki jenis perangkat input yang sama dengan mouse, tetapi trackball memiliki bola kecil untuk menggerakkan kursor. Dengan bola kecil ini, trackball tidak perlu menggerakkan pergelangan tangan. Semua hardware PC di atas berfungsi untuk mengontrol kursor/penunjuk.