Biaya Caesar Yang Harus Mama Tahu Menjelang Lahiran

Apa pun jenis persalinan yang Anda rencanakan dan harapkan, Anda tidak boleh mengesampingkan kemungkinan operasi caesar. Faktanya, sekitar 32% wanita hamil melahirkan melalui operasi caesar di Amerika Serikat. Operasi caesar umumnya harus dilakukan karena berbagai alasan medis, baik untuk kondisi ibu hamil maupun untuk bayinya. 2 Artikel ini akan menjelaskan apa itu operasi caesar, dan pengaruh operasi caesar terhadap sistem kekebalan tubuh bayi Anda. Apa yang harus dipersiapkan untuk operasi caesar, biaya operasi caesar.

Apa itu operasi caesar?

Operasi caesar adalah suatu tindakan operasi atau tindakan medis yang bertujuan untuk mengeluarkan bayi melalui sayatan pada perut dan rahim ibu, sayatan tersebut biasanya sejajar dengan pinggang bagian bawah. Operasi caesar biasanya disiapkan untuk ibu yang memiliki beberapa komplikasi medis seperti tekanan darah tinggi pada ibu, atau bayi dengan posisi melintang. Biasanya, operasi caesar dijadwalkan satu minggu sebelum persalinan yang diharapkan (tanggal jatuh tempo), untuk mencegah rahim berkontraksi. Sementara operasi caesar darurat biasanya tidak memerlukan penjadwalan atau perencanaan, mengingat hal ini dilakukan di tempat untuk menyelamatkan Mama dan Si Kecil.

Operasi caesar biasanya memakan waktu singkat, berkisar antara 25 hingga 60 menit, tergantung tingkat kesulitan dan kondisi pasien. Namun pemulihan ibu yang melahirkan dengan operasi caesar pasti membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan ibu yang melahirkan secara alami melalui jalan lahir (vagina), pemulihan di rumah sakit membutuhkan waktu sekitar 3-5 hari dan membutuhkan waktu 1 bulan untuk pemulihan penuh. 2

Indikasi untuk operasi caesar

Berikut ini adalah indikasi medis yang Anda butuhkan untuk melahirkan melalui operasi caesar:

  • Ukuran janin diperkirakan sangat besar, sehingga tidak bisa masuk ke panggul ibu hingga lahir secara alami melalui vagina.
  • Posisi melintang anak.
  • Letak plasenta yang rendah (plasenta previa), sehingga berisiko terjadi perdarahan.
  • Mama mengalami infeksi pada jalan lahir (infeksi vagina atau penyakit menular seksual lainnya).
  • Mama memiliki lingkar pinggul yang sempit.
  • Ibuku sedang mengandung anak kembar.
  • Mama memiliki riwayat operasi caesar sebelumnya.
  • Anda memiliki kondisi medis tertentu (tekanan darah tinggi, kelainan, penyakit jantung, atau masalah ginjal).
  • Kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Keadaan darurat khusus
  • Detak jantung janin dalam kandungan tidak teratur (terjadi distres pada janin).
  • Aliran darah dan oksigen ke plasenta terganggu oleh posisi janin (bayi terbungkus plasenta).
  • Bayi terlalu besar untuk masuk ke jalan lahir, sehingga bukaan tidak melebar atau bukaan terlalu lama.

Kemungkinan risiko operasi caesar

Sama seperti prosedur medis lainnya, tentunya operasi caesar juga memiliki risiko komplikasi. Yang dimana adanya kemungkinan dua komplikasi.

  • Infeksi pada area organ panggul (area rahim atau area celah).
  • berdarah.
  • Komplikasi anestesi.
  • Komplikasi saluran kemih (iritasi atau infeksi).

Persiapan sebelum operasi caesar

1. Persetujuan

Wali ibu atau ibu perlu menandatangani surat persetujuan untuk operasi caesar

2. Mencukur

Mama perlu mencukur bulu kemaluannya untuk menghindari kontaminasi bakteri selama operasi.

3. Tes darah

Pasien disarankan untuk melakukan pemeriksaan darah agar dokter mengetahui kadar hemoglobin serta golongan darah ibu (untuk mempersiapkan transfusi darah bila diperlukan).

4. Pemeriksaan amniosentesis

Tes ini dilakukan jika operasi caesar dilakukan sebelum usia kehamilan 39 minggu. Adanya test ini adalah bertujuan untuk sebuah pemeriksaan dalam kematangan paru – paru pada seorang bayi. Amniosentesis yaitu dilakukanya pemeriksaan dengan sebuah sampel cairan air ketuban dan kemudian diperiksa lebih lanjut di lab.

5. Puasa dan menyiapkan obat-obatan

Sebelum operasi, pasien disarankan berpuasa dan minum obat seperti obat lambung (antasida), antimual (antiemetik), dan antibiotik.

6. Pemasangan selang kencing dan cairan infus

Selang urin biasanya dipasang setelah ahli anestesi memberikan pembiusan pada area tulang belakang (anestesi spinal atau epidural), sehingga tidak sakit. Cairan infus ditempatkan selama prosedur untuk memfasilitasi masuknya obat suntik seperti antibiotik

7. Anestesi

Anestesi dilakukan dengan menyuntikkan daerah tulang belakang atau disebut anestesi spinal atau epidural. Setelah dibius, Mama masih sadar, namun ekstremitas bawah dari pinggang hingga kaki Mama tidak teraba.

Biaya operasi caesar di Indonesia

Secara umum operasi caesar normal di Indonesia berkisar antara Rp 7.000.000 hingga lebih dari Rp 50.000.000 tergantung dari rumah sakit dan derajat perawatan di rumah sakit tersebut.