Pertumbuhannya Wisata Indonesia Setelah Covid -19

Indonesia adalah salah satu negara kepulauan terbesar di Bumi. Panorama mampu mengganggu jutaan pasang mata di seluruh dunia. Diasumsikan bahwa tanah alam yang kita lindungi layak diperjuangkan untuk pembangunan ke arah modern.

Saat ini, wisatawan domestik dan mancanegara menyukai keindahan ibu pertiwi. Mulai dari surga tersembunyi Lombok hingga pulau dewata yang menjadi dambaan romantisme jutaan orang.

Pengelolaan pariwisata yang baik dan dukungan terhadap aspek pembangunan, diharapkan dapat membantu Indonesia menjadi negara maju. Hal ini juga didukung oleh pendapatan Indonesia di sektor pariwisata yang tidak bisa diremehkan lagi. Apalagi ini hanya sebagian dari wisata yang dikelola pemerintah, belum lagi wisata lainnya yang masih tersimpan sebagai harta karun untuk hari lain.

Untuk itu, pemerintah perlu lebih memperhatikan sektor pariwisata ini. Misalnya membangun half way villa atau rumah di pinggir pantai, membangun pusat konservasi atau mengenalkan wisata alam bawah laut.

Indonesia memang menjadi surga wisata, namun kini tak pelak lagi memudar di mata dunia. Salah urus dan pembangunan yang salah telah menjadi titik balik yang mengerikan bagi negara kita yang sedang berjuang untuk bangkit.

Bahkan di desa-desa paling terpencil pun, sektor ini mulai merambah. Contohnya Pantai Karang Gantung di Sukabumi Selatan. Panorama pantai yang dibatasi oleh dinding terjal dan bebatuan yang menjulang tinggi menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal.

Pengelolaan yang jauh dari kepentingan pemerintah bisa menjadi kabar buruk bagi perkembangan sektor pariwisata kita. Dikombinasikan dengan kurangnya pengetahuan umum, pihak asing menjadi lebih mudah untuk mengambil keuntungan.

Persaingan turis di kancah internasional semakin sengit. Banyak negara menawarkan destinasi wisata terbaik yang menjadi primadona tersendiri. Mereka memperkenalkan berbagai inovasi terbarukan, khususnya di bidang infrastruktur.

Kenapa tidak ke Indonesia? Kami berharap dengan sumber daya alam dan manusia yang cukup, tidak lagi menjadi kendala bagi kami untuk mempercepat proses pembangunan. Dengan bantuan anak-anak muda yang memiliki keahlian khusus di bidangnya, segala sesuatunya akan menjadi cepat dan mudah jika dilakukan secara teratur dan umum.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan kawasan wisata agar menarik bagi wisatawan, sebagai berikut:

infrastruktur

Alasan mengapa sebagian orang tertarik untuk mengunjungi wisata tertentu adalah karena ketertarikan terhadap infrastruktur yang ada di kawasan wisata tersebut. Ketersediaan resor, restoran, dan layanan publik tentu menjadi perhatian yang lebih besar bagi mereka.

Distrik bersejarah

Pelestarian kawasan bersejarah, yakni melalui penyajian tugu atau tugu bersejarah, merupakan ciri dan minat para penggiat sejarah.

Mudah dijangkau

Kurangnya akses atau fasilitas umum dapat menghambat laju pertumbuhan negara di sektor pariwisata. Misalnya, lokasi yang mudah diakses di jalan raya dan akses internet yang stabil.

Indonesia saat ini sedang giat berkembang. Membuat iklan di Internet sebagai bentuk promosi dimana kita harus bisa menjangkau masyarakat global.

Menciptakan negara yang berdaya saing memang tidak mudah. Kami berharap ini akan menjadi proyek pembangunan jangka panjang. Yang terus melakukan pengembangan dari waktu ke waktu seiring dengan kemajuan era global.

Era pembangunan saat ini tidak hanya tentang membangun struktur perkotaan. Namun, kawasan pariwisata juga harus menjadi sektor prioritas. Jika pengembangan kawasan wisata merata di seluruh nusantara, maka masing-masing kawasan tersebut dapat melakukan pengembangan di sektor lain secara mandiri.

Hal yang membedakan keberhasilan pembangunan di bidang pariwisata daerah adalah kemampuannya dalam meningkatkan kepadatan wisatawan dari tahun ke tahun. Dan juga dengan munculnya investor yang menanam saham sebagai bentuk investasi di masa depan.

Nantinya pengembangan kawasan wisata, akan mengarah pada pengembangan tata ruang atau penataan wilayah/kota secara perlahan. Yang juga akan berpengaruh pada peningkatan kualitas pendidikan di kawasan wisata tersebut. Yang nantinya pengelolaan pariwisata akan diserahkan kepada putra-putri terbaik di daerahnya.

Peran pemuda negeri ini akan memberikan suasana baru dalam pengelolaan dan pengembangan kawasan wisata. Melalui inovasi-inovasi yang dituangkan akan memberikan dampak positif bagi perkembangan bangsa kita.